Nikmatnya Berbuka Puasa di Madinah dan Mekkah

Nikmatnya Berbuka Puasa di Madinah dan Mekkah

Orang kaya di Madinah dan Makkah, Arab Saudi, menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan bersedekah. Mereka menyiapkan makanan berbuka bagi para jemaah di Masjidil Haram, Makkah, dan juga di Masjid Nabawi, Madinah.

Para orang kaya ini menugaskan beberapa orang untuk menggelar makanan berbuka di area masjid. Setelah berpuasa sepanjang hari bulan Ramadhan, para pengunjung Masjid Nabawi maupun Masjidil Harom menanti sore hari.

Mereka duduk-duduk atau beribadah di dalam tempat suci itu. Sementara itu, hidangan berbuka puasa disajikan para petugas. Adanya takjil itu menandakan keramahtamahan masyarakat Madinah dan pemerintah Kerajan Arab Saudi.

Layanan berbuka puasa bersama ini menjadi bagian rutinitas Ramadhan di Masjid Nabawi. Momen ini dinilai dapat menyatukan umat Islam dari berbagai negara. Mereka semua berkumpul, duduk dengan tertib, sembari menikmati hidangan yang ada kala azan maghrib berkumandang.

Makanan Iftar yang disajikan bagi mereka bermacam-macam. Di antaranya adalah sajian hangat, seperti nasi dan daging. Kemudian, ada buah, sebotol jus, kurma, yogurt, kopi, dan air.

REPUBLIKA.CO.ID 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *