PENTING ! TIPS PERSIAPAN UMROH AGAR NYAMAN DAN MABRUR

Sebelum berangkat umroh tentu harus membuat persiapan supaya ibadah yang kita kerjakan nanti di tanah suci bisa maksimal. Berikut persiapan umroh yang lengkap agar nyaman dan mabrur :

Persiapan Umroh secara Niat

  1. Kuatkan niat dan iman. Ikhlaskan hati untuk benar-benar beribadah bukan sekedar untuk bersenang-senang ketika melaksanakan ibadah umroh.
  2. Memperbaiki kesalahan atas segala perilaku kita sebelumnya, yaitu diawali dengan meminta maaf kepada ayah, ibu, keluarga dan tetangga terdekat terutama pada orang-orang yang pernah anda sakiti.
  3. Memahami segala petunjuk tata cara melakukan umroh dan hukum-hukum agama misalnya hal yang dilarang selama umroh, shalat dalam perjalanan, waktu-waktu shalat, cara tayamum, cara mengerjakan sholat sunnah dan adab pergaulan sesama muslim.
  4. Jaga kesehatan hati dengan menahan emosi maupun berpikiran jelek karena dapat mempengaruhi jiwa yang bersih dan tubuh yang sehat. Terutama menjaga mulut dan hati.
  5. Menjaga amalan baik yang wajib dan sunah, supaya nanti juga terbiasa menjaga amalan selama di tanah suci karena salah satu indikasi umroh yang mabrur adalah tidak tertinggal dalam hal yang wajib maupun sunah.
  6. Usahakan anda mendapat teman baik pada saat anda melakukan umrah sehingga anda akan dapat tetap semangat dalam perjuangan menyelesaikan ibadah haji umroh dengan baikumroh murah, umroh 2019, umroh februari 2019

Persiapan Umroh dalam hal Perlengkapan

Untuk mempermudah barang bawaan jamaah, Madinah Iman Wisata telah menyediakan koper, tas serempang, dan tas kabin. Identitas pemilik tas juga sudah disiapkan oleh Madinah Iman Wisata sehingga jamaah tidak perlu risau apabila tas tertukar dengan jamaah lainnya. Yang harus anda persiapkan adalah mengelompokkan jenis perlengkapan umroh sesuai dengan fungsinya. Apakah perlengkapan tersebut akan digunakan selama di perjalanan, ataukah akan digunakan saat anda tiba di tanah suci. Pengelompokannya yaitu berdasarkan perlengkapan yang langsung dipakai/dibawa , perlengkapan yang masuk bagasi , perlengkapan pribadi, serta perlengkapan saat di kabin pesawat. Tas anda sebaiknya tidak terlalu berat, karena oleh-oleh hasil belanjaan anda biasanya akan lebih banyak dari bawaan anda kecuali anda memang tidak berniat membeli apapun saat Umroh.

Barang-barang apa saja yang sebaiknya anda masukkan dalam koper bagasi ?

            Sebaiknya membawa koper bagasi dengan kapasitas maksimum 20 kg, yang berisi pakaian sehari-hari, perlengkapan ihram dan peralatan kain seperti alat kosmetik (untuk ibu-ibu) namun jangan juga dipakai berlebihan karena bisa mengurangi tujuan beribadah. Bawalah baju seperlunya saja, karena bisa jadi ketika umroh anda tidak perlu banyak-banyak bawa baju. cukup baju tidur, baju ketika city tour, baju untuk ke masjid juga batik, buku panduan, bergo, kain ihrom dan sabuk dari Madinah Iman Wisata. Jika umroh ketika musim dingin bawa sweater yang tebal. Perlu diketahui bahwa benda-benda tajam seperti gunting untuk tahalaul, pisau cukur, gunting kuku, dan benda tajam-tajam lainya, ataupun cairan dalam kemasan yang melebihi 100 mili, tidak diperkenankan dibawa kedalam Tas Kabin, karena itu masukan ke Tas Bagasi saja.

Persiapan Fisik

Ibadah umroh termasuk ibadah yang tidak ringan terutama bagi orang yang lanjut usia. Sebagaimana diketahui kebanyakan jamaah haji dan umroh adalah orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas. Hanya sebagian kecil yang berusia 50 tahun ke bawah. Oleh karena ada beberapa persiapan yang dilakukan berkenaan dengan persiapan fisik:

  1. Lari-lari kecil, jalan kaki atau melakukan aktifitas olahraga  lainnya setiap pagi untuk melatih kebugaran badan.
  2. Membiasakan minum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan multivitamin untuk menjaga tetap bugar dan sehat selama melakukan aktifitas yang membutuhkan energi yang banyak.
  3. Terutama bagi kalangan muda usia 50 tahun ke bawah yang tentu mempunyai fisik yang lebih baik daripada yang usia lanjut , ada baiknya juga untuk membantu teman-teman yang telah lanjut usia dalam beribadah umroh. Banyak diantara jamaah yang selain sudah lanjut usia juga memiliki keterbatasan pengetahuan misalnya tidak bisa menggunakan lift dll. Semoga dengan membantu mereka akan membantu kesempurnaan ibadah umroh kita.
  4. Bila perlu bisa konsultasi ke dokter untuk mendapatkan arahan kesehatan yang lebih sesuai untuk kondisi kita, termasuk obat-obatan yang perlu dibawa ke tanah suci.

Semoga dengan tips  persiapan umroh di atas, akan membantu anda memaksimalkan ibadah di tanah suci dengan lebih baik.

 

 

Leave a Comment