Pengertian dan Keutamaan Umroh

Pengertian dan Keutamaan Umroh – PT. Madinah Iman Wisata

pengertian-dan-keutamaan-umroh, pengertian dan keutamaan umroh

PENGERTIAN UMROH

Menurut bahasa, kata umroh adalah ziarah atau berkunjung. Adapun maknanya menurut syariat adalah ziarah ke Baitullah dengan thawaf (mengelilingi Ka’bah 7 kali), sa’i (berlari-lari kecil) diantara dua bukit: Shafa dan marwah, hingga diakhiri dengan mencukur gundul ataupun memendekkan rambut kepala / Tahalul.

Keutamaan Umroh

  1. Sebagai pelebur dosa. Bahwa Nabi SAW bersabda: “Umroh yang disusul umrah berikutnya adalah pelebur dosa (yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan baginya selain Surga.” Shahih: HR Al-Bukhari (no. 1773) dan Muslim (no. 1349)
  1. Menghapuskan dosa-dosa sebelumnya. Rasulullah SAW bersabda:“… Tidakkah engkau ketahui bahwasannya Islam menghapus dosa-dosa sebelumnya, hijrah (dari Makkah ke Madinah) menghapus dosa-dosa, dan bahwa haji pun menghapus dosa-dosa sebelumnya?” Shahih HR. Muslim (no. 121) dari Amr bin al-Ash.
  1. Melenyapkan kefakiran dan kemiskinan. Rasulullah SAW bersabda: “Iringilah pelaksanaan haji dengan umrah, karena keduanya (haji dan umroh) dapat melenyapkan kefakiran dan dosa-dosa seperti alat peniup api menghilangkan karat yang ada pada besi, emas, atau perak. Sungguh, tidaklah ada balasan atau ganjaran bagi haji yang mabrur kecuali Surga.” Shahih: HR An-Nasai (no. 2631), Ahmad (I/387), at-Tirmidzi (no. 810), dan lainnya dari Ibnu Mas’ud. Dishahihkan oleh al-Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash Shahihah (no. 1200).
  1. Haji dan Umroh adalah jihad para wanita. Aisyah RA bertanya kepada Rasulullah: “Wahai Rasulullah, apakah wanita wajib berjihad?” Beliau menjawab: “Mereka wajib jihad yang tiada peperangan di dalamnya, yaitu haji dan umrah.” Shahih: HR Ibnu Khuzaimah (no. 3074)
  1. Doa orang yang berhaji dan umroh dikabulkan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang menunaikan ibadah haji, dan orang yang melaksanakan umroh, mereka adalah para tamu Allah, Dia memanggil mereka, merekapun menjawab (panggilan)-Nya, Dia pun memberikan kepada mereka.” Shahih HR. Ibnu Majah (no. 2893)
  1. Infak atau biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan ibadah haji dan ibadah umroh punya keutamaan tersendiri di sisi Allah SWT. Rasulullah pernah bersabda kepada Ummul Mukminin Aisyah RA, ketika istrinya ini menunaikan ibadah umroh: “Sesungguhnya pahalamu sesuai dengan kadar kepayahanmu dan nafkahmu” dilanjutkan dengan “Sesungguhnya pahalamu dalam umrohmu sesuai dengan kadar nafkahmu” Diriwayatkan oleh Al-Hakim (I/471-472)
  1. Pahala Ibadah Umroh yang dikerjakan di bulan Ramadhan sebanding dengan ibadah haji yang dikerjakan bersama Rasulullah. Berdasarkan hadits Abdullah bin Abbas RA, bahwa Nabi bersabda: “Umroh pada bulan ramadhan (pahalanya) menyamai pahala haji bersamaku” Shahih: HR Al-Bukhari (no. 18630 dan Muslim (no. 1256)
  1. Shalat dimasjidku (masjid nabawi) lebih baik 1000 shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram. Shalat dimasjidil Haram lebih baik 100.000 shalat di masjid lainnya. ( HR Ahmad)

Sekian sedikit informasi mengenai pengertian dan keutamaan umroh yang dapat kami sampaikan, apabila terdapat hal-hal yang kurang dalam artikel pengertian dan keutamaan umroh ini kami mohon untuk dapat ditambahkan di kolom coment, untuk penyempurnaan.

Related Link:
Jadwal Umroh Madinah Iman Wisata
Promo Umroh Hemat

Leave a Comment