Memilih biro haji dan umroh sangat mudah, namun apakah Anda memperhatikan beberapa aspek pendukung yang mana aspek tersebut penting didalam memilih biro haji dan umroh. Karena kemampuan kita untuk dapat memilih biro haji dan umroh akan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan yang kita dapatkan selama program perjalanan Haji/Umroh bahkan dapat menentukan berangkat/tidaknya kita ke Tanah suci.

Tips Memilih Biro Haji dan Umroh

Berikut beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih biro Haji dan Umroh sebelum Anda memutuskan untuk ikut serta dalam program perjalanan ibadah yang ditawarkan.

Legalitas

Legalitas yang jelas adalah syarat mutlak, karena hal itu menyangkut kredibilitas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara terhadap pelayanan para jemaah mulai dari saat pemberangkatan, terus kemudian ketika berada di Tanah Suci, sampai dengan kembalinya ke Tanah Air dengan kondisi sehat, selamat, dan perasaat senang. Pastikan bahwa Biro Perjalanan Umroh memiliki legalitas yang jelas, lengkap, dan masih berlaku minimal sampai pada saat Anda ingin berangkat sampai pada kepulangan dari Tanah Suci
Dokumen yang menyatakan legalitas suatu Perusahaan/ Biro Perjalanan Umroh adalah :

1. Surat Ijin Usaha Biro Perjalanan Umum
2. Surat Ijin Usaha Tetap Pariwisata
3. Tanda Daftar Perusahaan
4. NPWP Perusahaan
5. SK. MenKeh. Akta Pendirian Perusahaan
6. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus
7. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh sebagai Penyelenggara Ibadah Umroh
8. Sertifikat Anggota HIMPUH (Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji)

Harga dan Jadwal Perjalanan Umroh

Harga merupakan penentu sekaligus pembeda didalam memilih biro haji dan umroh, harga paket haruslah wajar dan tidak berpaut jauh dari biro perjalanan Umroh yang lain. Komponen biaya perjalanan Umroh akan menjadi penentu akomodasi dan fasilitas yang akan diterima oleh jamaah, semakin murah paket yang dipilih, maka fasilitas yang didapatpun akan sangat standart, begitu juga sebaliknya, semakin tinggi harga paket yang dipilih maka fasilitas yang didapatkan juga akan semakin mewah. Berikut beberapa aspek yang mana akan terdapat perbedaan dilihat dari segi perbedaan harga paket:
1. Transportasi/Pesawat yang digunakan
2. Hotel tempat menginap
3. Sarana Transportasi selama di Tanah Suci / Bus yang digunakan
4. Menu Catering yang disediakan
5. Tempat-tempat wisata ziarah / ibadah yang dikunjungi

Track Record

Tips memilih biro haji dan umroh selanjutnya adalah dilihat dari segi pengalamannya didalam memberangkatkan jamaah atau track record. Caranya adalah lihat track recordnya atau catatan perjalanan perusahaan. Tahun berapa travel tersebut berdiri, dan lihat berapa jamaah yang sudah berhasil diberangkatkan. Dengan melihat track record perusahaan, bisa diketahui perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman dan kredibilitas, serta kerjasama yang baik dengan instansi-instansi terkait untuk melakukan backup jadwal pemberangkatan yang pasti.

Fasilitas

Selanjutnya dalam memilih biro Haji dan Umroh adalah lihat dari segi fasilitas. Hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan biro perjalanan yang dipilih adalah :
1. Total biaya / harga yang pasti. Jadi dengan harga yang pasti, tentunya tidak akan ada pembayaran tambahan yang diberlakukan.
2. Biaya lain yang menjadi tanggungan jamaah (Airport tax, Vaksin, dll)
3. Hotel Bintang berapa dan berapa jarak hotel tersebut ke tempat ibadah (masjid Nabawi dan masjidil Haram )
4. Pesawat apa yang digunakan (langsung Jeddah atau transit dulu)
5. Jadwal manasik sebelum pemberangkatan
6. Perlengkapan Umroh/Haji Plus yang didapat (Travel bag, baju ihram, mukena,dll)
7. Jaminan asuransi jiwa dan kecelakaan
8. Kemudahan cara pembayaran

Transfer Dana Biaya Umroh

Segala jenis transaksi pembayaran, hendaknya dilakukan dengan system transaksi pembayaran melalui jasa perbankan (transfer/debit rekening). Atau seandainya melakukan pembayaran tunai, hendaknya dilakukan langsung pada kasir perusahaan dengan mendapat bukti pembayaran berupa invoice pembayaran dengan cap perusahaan. Pembayaran dengan teknis transfer, maka transfer dana dilakukan ke rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

Peta Lokasi Agen Perwakilan

Yang terakhir tips dalam memilih biro Haji dan Umroh adalah memperhatikan apabila pendaftaran melalui agen perwakilan maka minta untuk menunjukkan SK penunjukan sebagai agen perwakilan resmi, domisili kantor perwakilan yang jelas, Siapa penanggung jawab kantor perwakilan tersebut, serta SDM pengelola perwakilan tersebut.

Itulah beberapa tips dalam memilih Biro Haji dan Umroh, semoga artikel ini bermanfaat sebagai acuan Anda dalam memilih biro haji dan umroh. sekian terimakasih. Salam…