Hindari Modus Penipuan dengan cara Pintar

Hindari Modus Penipuan dengan cara Pintar, dengan Mencari dan Memilih Travel Umroh

Hindari Modus Penipuan dengan cara Pintar

Assalamualaikum wr.wb

Saya mewakili manajemen PT. Madinah Iman Wisata mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Jamaah PT. Madinah Iman Wisata dari seluruh Indonesia, yang mana telah mempercayakan agenda perjalanan Ibadah Umrah bersama kami. Kami senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal mulai dari proses pengumpulan informasi, pendaftaran, manasik, keberangkatan, dan kepulangan jamaah. Tidak hanya itu, kami juga menjunjung tinggi tali silaturahim dengan tetap menjaga hubungan baik dengan jamaah pasca kepulangan jamaah.

Madinah Iman Wisata merupakan travel berizin resmi yang hadir di tengah sekian banyaknya travel umrah baik berizin maupun tidak berizin. Dengan tekad yang kuat dan kerjasama yang baik dari seluruh manajemen untuk mengupayakan pelayanan yang optimal dan menjadi Travel berizin resmi terpercaya di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman dan kenyataan di lapangan bahwa sekian banyaknya travel Umroh di Indonesia hadir atas dasar besarnya animo masyarakat untuk melaksanakan Ibadah Umroh yang mana salah satu alasannya disebabkan oleh masa tunggu haji yang begitu lama. Besarnya minat masyarakat ini juga dimanfaatkan oleh biro-biro “nakal” dalam artian biro yang hanya ingin meraup keuntungan dengan memanfaatkan situasi. Oleh sebab itu, dihimbau kepada masyarakat luas agar menghindari modus penipuan dengan cara pintar mencari dan memilih travel umroh atas dasar beberapa pertimbangan.

Ibadah umroh adalah ibadah yang dapat dilaksanakan kapan saja kecuali di musim haji, selain itu Anda dapat melaksanakan umroh kapan saja berdasarkan waktu yang dipilih tanpa adanya masa tunggu dan penundaan, kecuali terdapat force majeure (hal tak terduga) dan itupun berasal dari luar kewenangan travel.

Salah satu point penting yang harus dipahami oleh jamaah umroh adalah, ada 2 (dua) model pengadaan paket umroh oleh Biro atau Travel. Pertama, Travel akan melakukan Block Seat tanggal keberangkatan tertentu ke maskapai, baru kemudian jadwal tersebut di share atau disampaikan untuk dijual. Kedua, Travel mengumpulkan uang/pembayaran jamaah terlebih dahulu baru kemudian uang tersebut dibelanjakan untuk membeli tiket, dan lain sebagainya.

Perbedaan mendasar dari dua point diatas adalah bahwa dalam Point pertama, apabila Travel sudah melakukan block seat, maka penuh ataupun tidak penuh block seat tersebut, tetap akan dihitung dan menjadi tanggungan dari travel, dalam artian travel harus siap kehilangan biaya block seat apabila jamaah tidak memenuhi kuota. Namun dalam point pertama ini bagus untuk jamaah karena tanggal yang sudah dishare atau dijual adalah tanggal pasti dan tidak ada maju ataupun mundur kecuali dikarenakan faktor lain diluar kewenangan travel seperti maskapai, bencana, dll.

Beda dengan point kedua yaitu Travel melakukan share atau jual jadwal terlebih dahulu baru setelah mendapat pembayaran dari jamaah, baru dibelanjakan tiket, dll. Point kedua ini sangat beresiko, biasanya jadwal yang maju mundur karena bisa saja pada saat akan membeli tiket di tanggal yang dishare, disitu tidak ada seat tersedia, atau bisa juga harga sudah mahal sehingga biaya dari jamaah tidak mencukupi untuk biaya paket dipilih. Travel dengan model point kedua ini biasanya melakukan share jadwal hanya mencantumkan bulan saja dan tidak menentukan tanggal pasti untuk keberangkatannya.

Dari kedua model ini Alhamdulillah Madinah Iman Wisata menggunakan jenis point pertama, jadi setiap jadwal yang di share atau dijual, jamaah akan diberangkatkan di tanggal tersebut. Sampai saat ini PT. Madinah Iman Wisata rutin memberangkatkan jamaah tepat sesuai dengan jadwal yang dishare atau dipilih oleh jamaah.

Hindari Modus Penipuan dengan cara Pintar 

Madinah Iman Wisata bekerjasama langsung dengan maskapai penerbangan Nasional yaitu Garuda Indonesia, sehingga tanggal-tanggal block seat yang tertera di jadwal (dijual) maka jamaah akan diberangkatkan sesuai dengan tanggal-tanggal tersebut, tidak maju dan tidak mundur, apabila terjadi itupun dikarenakan adanya regulasi tertentu dari pihak Maskapai (murni diluar kewenangan Travel Madinah Iman Wisata).

Dua point diatas dapat menjadikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih travel umroh. Jangan sampai niat beribadah dengan sungguh serta sudah dinanti-nantikan, tertunda hanya gara-gara salah melangkah dalam menentukan travel. Karena salah memilih travel juga mempengaruhi kekhusyukan dalam beribadah.

Beberapa tips
Hindari Modus Penipuan dengan cara Pintar 

  1. Pastikan Izin Travelnya

Cara pertama ini harus menjadi pertimbangan utama didalam memilih travel umroh, karena cara ini dapat bermanfaat sebagai penyederhana/ seleksi dari banyaknya biro yang ada di sekitar Anda.
Madinah Iman Wisata merupakan travel terdaftar resmi di kementerian Agama Republik Indonesia dengan izin SK Umroh D.70 tahun 2015, izin Haji Khusus No.118 tahun 2015.

  1. Pastikan Jadwal Umrohnya

Dari dua point yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat dilihat perbedaan jadwal yang hanya mencantumkan bulan dan jadwal detail yang juga sudah disertai dengan jadwal perjalanannya.
Madinah Iman Wisata merupakan travel yang mana menggunakan sistem block seat di awal, sehingga jadwal dan harga yang di share atau dijual adalah jadwal pasti yang mana jadwal tersebut memang sudah di block oleh PT. Madinah Iman Wisata.

  1. Pastikan Pesawatnya

Tanyakan dan pastikan pesawat yang akan digunakan, karena tidak sedikit pula travel yang menjanjikan pesawat A, namun kenyataannya pesawat B. Pastikan juga misalkan menggunakan pesawat A itu adalah benar dari rute berangkat sampai rute kepulangan. Karena ada travel yang menjanjikan pesawat A, tetapi pada kenyataannya menggunakan pesawat A start bandara keberangkatan, transit di bandara lain dan berganti pesawat menjadi pesawat B.
Madinah Iman Wisata bekerjasama khusus dengan Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines sebagai akomodasi jamaah untuk melaksanakan ibadah umroh, sesuai dengan paket tanggal dan fasilitas yang dipilih berdasarkan tabel jadwal dan harga umroh Madinah Iman Wisata.

  1. Pastikan Hotelnya

Tanyakan perihal akomodasi hotel yang digunakan, tidak hanya hotel, tetapi juga transportasi, catering, dan guide selama di tanah suci.

Berdasarkan kenyataan dilapangan banyak travel yang menjanjikan hotel A, berubah menjadi Hotel B, transportasi Bus yang digunakan juga tidak resmi, sehingga dapat menimbulkan masalah baru.

Ibadah umroh adalah ibadah fisik, sehingga jamaah sekalian perlu mempersiapkan fisik sebaik mungkin, saat berada di tanah suci, kekuatan fisik sangat dipengaruhi oleh kesehatan dan asupan makanan, pastikan makanan adalah makanan dengan citarasa Indonesia, sehingga Anda akan merasakan makanan layaknya pada saat berada di Tanah Air, boleh makan ala arab sesekali untuk merasakan sensasi makanan disana.

Selain itu jarak hotel yang teramat jauh juga akan sangat mengurangi ketahanan fisik kita, dan akan mengganggu kekhusyukan ibadah, salah satu contoh adalah malas ke masjid karena harus berjalan jauh parahnya lagi apabila jamaah saat ditanah suci tidak terbiasa dengan olah raga maka ini pasti akan menjadi ujian berat bagi jamaah.

Maka, pastikan dengan benar hotel yang dipakai, tanyakan jarak dan fasilitasnya.

Madinah Iman Wisata memberikan garansi terhadap fasilitas hotel yang dipakai, kami melakukan kontrak khusus dengan beberapa hotel baik di Makkah maupun di Madinah, sehingga untuk masalah

  1. Pastikan Visanya

Dalam perjalanan keluar negeri tentunya menggunakan visa, khususnya untuk perjalanan umroh harus tertempel visa di paspor jamaah, visa dapat juga dikatakan sebagai izin tinggal selama di tanah suci yang mana masa berlaku visa adalah 30 hari. Namun lama jamaah di tanah suci adalah berdasarkan paket yang dipilih dan tidak boleh melebihi dari izin tinggal yang diberikan.

Syarat pengajuan visa adalah ready tempat tinggal selama di Saudi, tiket pesawat PP, transportasi selama di saudi, dan lain sebagainya.

Pilihan tepat apabila memilih PT. Madinah Iman Wisata sebagai tempat kepercayaan Anda untuk melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak perlu memikirkan hal-hal lain yang malah akan membuat bingung, cukup dengan membayar paket umroh, segala sesuatunya sudah diuruskan oleh travel, jadi Anda tinggal menunggu  jadwal keberangkatan sesuai dengan jadwal paket yang Anda pilih.

Itulah beberapa point, yang mana harus Anda lakukan untuk dapat hindari modus penipuan dengan cara pintar mencari dan memilih travel Umroh.

Jika travel yang Anda pilih tidak memenuhi point diatas, maka Anda harus memikirkan ulang umroh bersama travel tersebut. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunianya kepada kita semua, memudahkan segala urusan dan diberikan petunjuk terhadap apa yang kita lakukan.
Wassalamualaikum wr.wb

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *